Lompat ke konten
Beranda » APA BEDA BNSP DAN LSP?

APA BEDA BNSP DAN LSP?

APA BEDA BNSP DAN LSP?

Apakah BNSP dan LSP sama? 

BNSP adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia untuk menjamin kualitas SDM yang terkait dengan profesi disegala bidang. Dalam menjalankan tugasnya, BNSP memberikan sertifikasi kompetensi profesi sesuai dengan bidang keahliannya. Sedangkan teknisnya, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang sudah mendapatkan lisesnsi-lah yang melakukan pemberian sertifikasi. 

Meskipun BNSP berdiri dengan tujuan untuk menjamin kompetensi SDM di Indonesia secara nasional, melainkan juga kredibilitas sertifikat BNSP sudah diakui ditingkat Asia Tenggara dan dalam beberapa kasus sudah diakui hingga tingkat internasional.

Selanjutnya, apa itu LSP?

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) merupakan sebuah lembaga independen yang telah mendapatkan lisensi sekaligus kepercayaan dari BNSP dalam melaksanakan uji kompetensi. BNSP menunjuk LSP untuk menyelenggarakan ujian kompetensi profesi sesuai dengan sertifikasi yang dimilikinya. LSP dibentuk oleh Asosiasi Profesi terakreditasi atau Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kerja yang memenuhi syarat untuk melakukan sertifikasi profesi. Sebagai lembaga pelaksana sertifikasi, LSP memiliki beberapa wewenang seperti menerbitkan sertifikat kompetensi, mencabut/membatalkan sertifikasi kompetensi, memberikan sangsi pada asesor dan TUK yang melanggar aturan, mengusulkan skema baru, mengusulkan dana TUK dan menetapkan Biaya Uji Kompetensi. 

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975

Telp : 0274 543 761

Instagram : @jana_dharma_indonesia

Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Diarsipkan di bawah: Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *