Lompat ke konten
Beranda » Sertifikasi Bidang Food Production Perhotelan

Sertifikasi Bidang Food Production Perhotelan

Sertifikasi Bidang Food Production Perhotelan

LSP JDI – Food production merupakan bagian dari departemen F & B bertanggung jawab untuk pembuatan makanan dan minuman di hotel . Tempat untuk melaksanakan pekerjaan yang disebut ” kitchen “. Food production ini adalah sebuah profesi kerja dalam sebuah manajemen hotel berbintang yang bekerja di belakang layar, masyarakat dengan istilah juru masak, koki atau cheff.

Kompetensi yang dimiliki, ketelitian serta passion menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh profesi tersebut. Karena berkaitan dengan hidangan yang di konsumsi oleh pelanggan maka dari itu seorang food production harus betul-betul suka dan mempunyai hobi memasak.

Sertifikasi Food Production Perhotelan

Ketelitian dalam menakar porsi, kebersihan dalam memilih bahan masakan serta ketepatan waktu dan proses memasak merupakan hal-hal yang akan ditemui setiap saat saat bekerja. Meskipun tidak berinteraksi langsung dengan tamu-tamu hotel, pekerjaan ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena diantara jenis pekerjaan yang lain, profesi ini memberikan penghasilan atau gaji yang berada di rating tertinggi diantara departemen atau profesi kerja yang lain, sesuai dengan posisi dan jabatan kerjanya.Dalam pekerjaannya profesi tersebut bertanggungjawab atas area dapur, baik itu untuk pengolahan makanan dan minuman mencangkup memberikan ide menu, memasak dan mendekorasi/ plating makanan) maupun untuk kebersihan area dapur.

Sertifikasi tersebut mengacu pada SKKNI (Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) serta berlisensi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia dengan mempunyai 3 skema bidang Food Production, skema tersebut antara lain adalah:

1. Skema Baker

Skema sertifikasi Baker adalah uji kompetensi yang diikuti oleh seseorang yang berprofesi sebagai tukang roti, Mencampur dan memanggang bahan untuk memproduksi roti, roti rolls, cookies, kue, pie, pastries, atau makanan yang dipanggang lainnya. Sertifikasi tersebut cocok untuk baker yang bekerja di toko roti, restoran, hotel, atau bisnis lainnya.

2. Skema Demi Chef

Skema sertifikasi Demi Chef ini adalah uji kompetensi yang diikuti oleh para koki ataupun chef bisa juga usaha catering yang akan menambah pengalamannya mempunyai sertifikasi sebagai bukti legalitas profesi.

3. Skema Bartender

Skema sertifikasi Skema Bartender adalah uji kompetensi yang di peruntukkan bagi seseorang yang bekerja di suatu bar ataupun hotel yang menyediakan atau meracik munuman.

Lihat skema sertifikasi yang lain disini..

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Diarsipkan di bawah: Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia

1 tanggapan pada “Sertifikasi Bidang Food Production Perhotelan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *