Lompat ke konten
Beranda » Manajement Event pada Pelaksanaan MICE

Manajement Event pada Pelaksanaan MICE

Manajement Event pada Pelaksanaan MICE

LSP JDI – Manajemen event adalah bagian dari ilmu manajemen yang mencipatakan dan mengembangkan sebuah kegiatan dengan tujuan untuk mengumpulkan orang-orang di satu tempat, melakukan serangkaian aktivitas yang teratur untuk memperoleh suatu informasi atau menyaksikan suatu kejadian. Sebagian orang menyebut manajemen event sebagai bagian dari manjemen proyek. Namun terlepas dari hal itu, dengan melihat kegiatannya yang melibatkan banyak orang dan dilihat dari sisi perusahaan, maka event termasuk dalam kajian komunikasi pemasaran seperti halnya periklanan dan promosi.

Manajemen event dapat diartikan sebagai pengorganisasian sebuah kegiatan yang dikelola secara professional, sistematis efisien, dan efektif. Kegiatan ini meliputi konsep (perencanaan) sampai dengan pelaksanaan hingga pengawasan. Dalam manajemen event, semua orang harus bekerja keras dengan visi yang sama untuk menghasilkan kegiatan yang sesuai dengan harapan. Ketika melakukan manajemen event semua orang harus bekerja keras dengan visi yang sama untuk menghasilkan event yang sesuai dengan yang kita harapkan. Sangatlah diperlukan kekompakan pada setiap orang yang terlibat dalam sebuah tim. Maksudnya, dalam sebuah tim itu tidak boleh merasa dirinya paling kuat, hebat dalam menjalankan tugas, tapi semuanya harus saling bergantung satu sama lain.

Manajement Event pada Pelaksanaan MICE

Dalam kegiatan MICE perlu adanya berbagai bidang agar sukses dalam penyelenggaraan kegiatan MICE. Banyak yang kita ketahui tentang berbagai manajemen dalam pelaksanaan MICE diantarannya adalah Event Organizer (EO), Production House (HP), Communication,  Agency, Panitia Pelaksana, Organizing Committee. Ada berbagai cara untuk merancang suatu event dalam pelaksanaan MICE diantaranya adalah

1.  Menentukan tujuan event

2.      Menentukan kemasan event

3.      Menyusun detail event

4.      Menyusun tim kerja

5.      Menyusun anggaran kegiatan

6.      Menggandeng mitra strategis

Untuk menjadi tim bagian dari pelaksanaan kegiatan MICE tentunya banyak yang harus diperhatikan salah satunya adalah dengan SDM yang handal dan professional dalam bidang tersebut dan cara untuk mejadi seorang SDM tersebut yaitu mengikuti sertifikasi untuk membuktikan kompetensi kerja di bidangnya. Maka dari itu seeorang SDM yang sudah mengikuti sertifikasi akan lebih mudah untuk terjun di suatu event.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia, seorang SDM yang ingin bekerja atau menekuni pada bidang MICE dapat mengikuti sertifikasi dengan skema Marketing Communication Specialist, skema Bidding Specialist, skema Venue Management Specialist, skema Pendamping dan Penghubung VVIP-VIP Liaison Office, skema Event Registration. Sertifikasi tersebut bias diikuti tidak hanya SDM dibidang MICE tetapi masyarakat umum yang ingin mengembangkan potensinya di bidang MICE. 

Lihat skema sertifikasi yang lain disini..

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Diarsipkan di bawah: Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *