Lompat ke konten
Beranda » PROSPEK KERJA JURUSAN TATA BOGA

PROSPEK KERJA JURUSAN TATA BOGA

PROSPEK KERJA JURUSAN TATA BOGA

LSP JDI Departemen kuliner menawarkan peluang kerja yang luas. Kesempatan kerja juga tidak selalu berkaitan dengan pengelolaan pangan. Berikut adalah beberapa pekerjaan lulusan dengan jurusan mereka:

CHEF. Setelah lulus dari jurusan kuliner, pilihan karir utama Anda adalah menjadi koki. Koki sendiri bertanggung jawab atas persiapan hidangan yang benar agar dapat disajikan kepada pelanggan. Koki juga sangat dibutuhkan di perusahaan atau organisasi yang mempraktikkan prinsip pelayanan dan kuliner, seperti hotel, vila, restoran, dan katering. Apalagi saat ini perekonomian terus tumbuh dan industri jasa seperti pembangunan restoran semakin berkembang.

VLOGGER MAKANAN. Food vlogging cocok untuk kamu yang suka berbagi dan mengajak teman untuk mencoba kuliner enak yang direkomendasikan. Selain rekomendasi makanan atau restoran, food vlogger juga bertanggung jawab untuk review makanan, mulai dari rasa hingga komposisi hingga tampilan hidangan. 

STYLIST MAKANAN. Pekerjaan ini untuk Anda yang ingin membuat makanan lebih menarik secara visual dan enak. Penata makanan juga terlibat dalam pembuatan konten kuliner berbasis foto. Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan di restoran, penerbitan resep dan promosi makanan, termasuk media sosial.

BAKER. Bekerja sebagai pembuat roti bisa menjadi pilihan karir bagi mereka yang ingin membuat roti. Baker bisa bekerja di banyak bidang, tidak jauh beda dengan chef. Misalnya di gedung-gedung, kapal pesiar, gastronomi, kafe, bahkan untuk penggunaan pribadi.

BARISTA. Bagian kuliner memberikan informasi tentang cara menyajikan dan mengelola kopi. Bagi Anda yang sangat tertarik dengan kopi, menjadi barista di restoran, bar, atau kafe bisa menjadi pilihan. Pada umumnya seorang barista lebih banyak bekerja di kafe, kedai kopi atau restoran.

GURU. Gelar dengan fokus pada manajemen makanan menawarkan kesempatan untuk pendidikan lebih lanjut. Baik pelatih formal maupun informal. Misalnya, pelatih di bidang memasak menjadi guru memasak di sekolah, guru di sekolah memasak, dosen dan pemimpin kursus memasak. Pelatih juga bisa berperan sebagai demo masak di kelas maupun di sekolah.

WIRAUSAHA. Berikut prospek karir sebagai pengusaha. Anda dapat memulai berbagai bisnis kuliner dengan fokus pada Manajemen Kuliner sesuai dengan bakat dan keterampilan serta pengetahuan yang Anda peroleh di Persia. 

PROSPEK KERJA JURUSAN TATA BOGA

Pada Lembaga Sertifikasi Profesi Jana Dharma Indonesia terdapat sertifikasi di bidang food and beverages yaitu skema Commis Pastry, Baker, Bartender, Demi Chef, Barista, Pengolahan Hidangan Indonesia dan masih banyak skema bidang pariwisata lainnya.

Untuk penjelasan yang lebih detail, cek disini..

Contact Us

WhatsApp : +62 81215017975
Telp : 0274 543 761
Instagram :
@jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *