Lompat ke konten
Beranda » Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata

Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata

Bekerja dinegara Asean dengan Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata LSP JDI – Pariwisata adalah salah satu sektor yang disebut-sebut sebagai sektor yang paling siap bersaing dalam hingar binger pasar bebas yang digagasnegara-negara ASEAN melalui MEA. Menurut Soebagyo (2012) sektor pariwisata di anggap sebagai sektor yang selalu lebih tinggi diatas pertumbuhan ekonomi lainya di Indonesia. Diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) menuntut profesionalisme dalam berbagai bidang, tak terkecuali kepemanduan wisata.

Tantangan Indonesia dalam menghadapi MEA salah satunya adalah pembenahan terhadap SDM pariwisata melalui sertifikasi. Para pemandu wisata harus memiliki Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) Kepemanduan Wisata.

Negara-negara anggota ASEAN sepakat untuk menyeragamkan standar kompetensi tenaga profesional di bidang pariwisata dengan menerapkan The ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professionals (ASEAN MRA-TP). Dalam pernyataan berikut menuntut tenaga pariwisata Indonesia harus memenuhi kriteria standar kompetensi. Oleh sebab itu SDM di bidang pariwisata yang telah memiliki sertifikasi kompetensi dapat bekerja di negara-negara se-ASEAN.

Seiring dengan perkembangan dunia pariwisata Indonesia yang semakin berkembang dan maju, LSP Jana Dharma Indonesia ditantang atau tertantang untuk memperluas ruang lingkup bidang kepemanduan wisata. Kini LSP Jana Dharma Indonesia telah memiliki enam ruang lingkup yakni Pemandu Outbound (fasilitator experiential learning)., Pemandu Ekowisata, Pemanduan Museum.

Tujuan mengikuti Sertifikasi ini adalah sebagai bukti legalisasi seorang Pemandu dan Peningkatan Mutu dan kualitas Sumber Daya Pemandu Museum yang profesional khususnya dalam meningkatkan knowledge, skill dan attitude sehingga bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang Kepemanduan.

Contact Us 

WhatsApp  : +62 81215017975 

Telp               : 0274 543 761

Instagram  : @jana_dharma_indonesia

Email           : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *