Lompat ke konten
Beranda » Sertifikasi Pengadaan Logistik Acara

Sertifikasi Pengadaan Logistik Acara

SERTIFIKASI PENGADAAN LOGISTIK ACARA

Apa Itu Sertifikasi Pengadaan Logistik Acara? Sertifikasi Pengadaan Logistik Acara adalah proses pemberian sertifikasi kepada seorang yang berprofesi di bidang MICE untuk meningkatkan kemampuan dan sebagai bukti legalitas seorang yang bernar-benar mempunyai keahlian di bidang tersebut melalui sertifikasi kompetensi. Sertifikasi tersebut dapat diikuti seseorang yang bekerja di bidang MICE yaitu sebagai seorang logistik dalam suatu kegiatan.

Siapa yang melakukan Sertifikasi?

Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata, yang selanjutnya disebut LSP Bidang Pariwisata adalah lembaga mandiri yang berwenang melakukan Sertifikasi Profesi di Bidang Pariwisata sesuai ketentuan peraturan Perundang-Undangan. Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia (LSPP JDI) merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi yang melaksanakan pengembangan standar kompetensi, sertifikasi kompetensi pada suatu bidang profesi dan memiliki tanggung jawab teknis dan administratif atas implementasi, pembinaan dan pengembangan standar kompetensi profesi tenaga kerja di bidangnya. LSPP JDI dalam penerapannya mendapatkan lisensi dari BNSP berupa Keputusan Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi nomor Kep.1548/BNSP/XII/2019 untuk dapat melaksanakan sertifikasi kompetensi.

Tujuan Sertifikasi Pengadaan Logistik Acara?

  1. Memastikan kompetensi kerja pada Jabatan Pengadaan Logistik Acara
  2. Sebagai acuan bagi LSP Pariwisata Jana Dharma Indonesia dan asesor dalam rangka pelaksanaan sertifikasi kompetensi.

Unit Kompetensi Sertifikasi Pengadaan Logistik Acara?

No.Kode UnitJudul Unit Kompetensi
1I.55HDR00.149.02Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
2I.55HDR00.151.02Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Di Tempat Kerja
3I.55HDR00.056.02Mengorganisir Operasional Masakan Dalam Jumlah Besar
4I.55HDR00.124.02Menyiapkan dan Membuat Kaldu dan Sup (Soto)
5I.55HDR00.125.2Menyiapkan dan Membuat Hidangan Kari Daging, Ayam, Seafood dan Sayur-Sayuran
6I.55HDR00.126.02Menyiapkan dan Membuat Hidangan Nasi dan Mie Masakan Indonesia
7I.55HDR00.127.02Menyiapkan dan Membuat Sate/Jenis Makanan Panggang
8I.55HDR00.128.02Menyiapkan dan Membuat Hidangan Pengiring

Persyaratan Sertifikasi Pengadaan Logistik Acara

  1. Persyaratan Dasar
  2. Surat keterangan atau rekomendasi dari tempat kerja.
  3. Sertifikat pelatihan yang relevan dengan skema barista
  4. Persyaratan Administrasi
  5. Ijazah terakhir
  6. Ktp
  7. Pas foto 3×4 (3 lembar) background bebas
  8. Daftar riwayat hidup
  9. Jobdesc (uraian pekerjaan yang digeluti)

Alur Proses Sertifikasi Pengadaan Logistik Acara

  1. Proses Pendaftaran
  2. LSP Pariwisata Jana Dharma Indonesia menginformasikan kepada pemohon persyaratan sertifikasi sesuai skema sertifikasi, jenis bukti, aturan bukti, proses sertifikasi, hak pemohon dan kewajiban pemohon, biaya sertifikasi dan kewajiban pemegang sertifikat kompetensi
  3. Pemohon mengisi formulir Permohonan Sertifikasi (APL 01) meliputi data pribadi dan data pekerjaan. Serta di lanjutkan dengan pemilihan skema yang akan diikuti setelah itu upload data persyaratan semua di FRL.APL.01. hingga yang terakhir adalah pemgisian FRL,APL.02 yaitu proses asesmen mandiri.
  4. Proses Asesmen

                        LSP Jana Dharma Indonesia untuk proses asesmen menugaskan seorang asesor untuk melakukan asesmen kepada asesi Asesor melakukan pengkajian dan evaluasi kecukupan bukti dari dokumen pendukung yang disampaikan pada  lampiran dokumen  Asesmen Mandiri APL-02, untuk memastikan bahwa bukti tersebut mencerminkan bukti yang diperlukan. Peserta yang memenuhi persyaratan bukti dan menyatakan kompeten direkomendasikan untuk mengikuti proses lanjut asesmen / uji kompetensi.

  • Proses Uji Kompetensi

                        Uji kompetensi dirancang untuk menilai kompetensi yang dapat dilakukan dengan menggunakan metode  observasi langsung / praktek demonstrasi, pertanyaan tertulis, pertanyaan lisan, verifikasi portofolio, wawancara dan metode lainnya yang andal dan objektif, serta berdasarkan dan konsisten dengan skema sertifikasi.

Keuntungan Melakukan Sertifikasi Pengadaan Logistik Acara?

  1. Meningkatkan kepercayaan diri akan kemampuan yang dimiliki, sertifikasi profesi dapat meningkatkan kepercayaan diri seorang yang bekerja di bidang MICE dalam melamar kerja. Bila sudah tersertifikasi, artinya seseorang dapat membuktikan bahwa kemampuannya sudah diakui oleh penguji profesional. Hal ini menjadi nilai tambah bagi seorang layanan pelanggan di mata perusahaan meskipun seseorang tersebut adalah lulusan baru yang minim pengalaman.
  2. Mengetahui ukuran kemampuan yang dimiliki, Sertifikasi profesi mengukur kemampuan seorang manajer penataan pertunjukan. Hasil ujian dapat membuat Anda menyadari kecakapan yang dimiliki masih kurang atau sudah sesuai standar. Jika belum kompeten, maka Anda masih harus terus belajar. Namun, kompeten bukan berarti Anda berhenti belajar, melainkan Anda harus terus menerus mengasah kecakapan supaya tidak tumpul.
  3. Memudahkan perusahaan menyaring bibit unggul, jika kamu sebagai seorang barista sudah mempunyai sertifikat kompetensi sebagai seorang barista, perusahaan akan lebih mudah dalam menyaring tenaga kerja yang sudah profesiuonal di bidang tersebut.
  4. Menambah produktivitas kerja, Sertifikat kompetensi adalah bukti bahwa kinerja Anda sudah selevel dengan profesional. Sebelum melakukan ujian, lembaga sertifikasi mengadakan pelatihan terlebih dahulu bagi peserta.

1 tanggapan pada “Sertifikasi Pengadaan Logistik Acara”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *