Lompat ke konten
Beranda » Blog » Sertifikasi Pelayan Kantor Depan/Receptionist BNSP

Sertifikasi Pelayan Kantor Depan/Receptionist BNSP

LSP JDI –  Hallo janaers, selamat datang di website lsppariwisata.com, pada kesempatan kali ini mimin akan membahas tentang sertifikasi kompetensi bidang perhotelan yaitu profesi pelayan kantor depan tau dapat disebut receptionist.  Tapi sebelum masuk ke pembahasan mimin akan memberikan pengertiang umum terlebih dahulu, apa itu receptionist.

Sahabat janaers yang di sebut receptionist adalah salah satu bagian atau section yang ada di Front Office Department yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani kedatangan tamu, pindah kamar, dan keberangkatan tamu, serta membantu memberikan informasi kepada tamu jika diperlukan.

Tugas Reception akan dimulai dari tamu tersebut mendatangi hotel. Kemudian Reception akan membantu tamu tersebut untuk regitrarsi atau melakukan check-in, baik tamu itu sudah melakukan pemesanan kamar atau booking (reservasi), maupun tanpa reservasi (walk-in guest). Pada bagian ini, Reception lah yang bertugas dan bertanggung jawab dalam menangani dan melayani tamu.

SERTIFIKASI SKEMA RECEPTIONIST

Sertifikasi skema Receptionist ini adalah sertifikasi yang dilakukan oleh para pelayang tamu depan atau reception. Lisensi LSP Jana Dharma Indonesia berasal dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dalam sertifikasi tersebut terdapat 23 unit kompetensi yang akan di ujikan, unit tersebut antara lain adalah:

NOKODE UNITUNITTAHUN
1D1.HOT.CL1.02Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda2019
2D1.HOT.CL1.03Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja2019
3D1.HOT.CL1.05Melakukan Prosedur Klerikal2019
4D1.HOT.CL1.06Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer2019
5D1.HOT.CL1.07Berkomunikasi Melalui Telepon2019
6D1.HOT.CL1.08Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan2019
7D1.HOT.CL1.09Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata2019
8D1.HOT.CL1.10Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan2019
9D1.HOT.CL1.11Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik2019
10D1.HOT.CL1.12Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama2019
11D1.HOT.CL1.13Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata2019
12D1.HOT.CL1.15Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar2019
13D1.HGA.CL6.12Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum2019
14D1.HSM.CL5.04Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal2019
15D1.HSS.CL4.01Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman2019
16D1.HFO.CL2.01Menerima Dan Memproses Reservasi2019
17D1.HFO.CL2.03Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi2019
18D1.HFO.CL2.04Memelihara Catatan Keuangan Tamu2019
19D1.HGA.CL6.03Memelihara Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Data Berbasis Kertas2019
20D1.HFA.CL7.01Memproses Transaksi Keuangan Penjualan2019
21D1.HFA.CL7.02Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran2019
22D1.HFA.CL7.04Menyiapkan Laporan Keuangan2019
23D1.HOT.CL1.01Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega2019

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Dharma Indonesia, bagi seorang receptionist di bidang perhotelan atau perkantoran dapat melakukan sertifikasi dengan skema receptionist selain itu dalam bidang perhotelan skema selain receptionist tersebut terdapat skema lainnya antara lain adalah:

  1. Sertifikasi Skema Room Attandent
  2. Sertifikasi Skema Public Area Cleaner
  3. Sertifikasi Skema Bell Boy
  4. Sertifikasi Skema Laundty Attandent
  5. Sertifikasi Skema Pelayanan Pelanggan

Contact Us 

WhatsApp  : +62 81215017975 

Telp               : 0274 543 761

Instagram  : @jana_dharma_indonesia

Email           : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *